Rabu, 13 November 2013

RESEP DAN CARA MEMBUAT TORTILLA DE PATATAS


Bahan yang dibutuhkan:

2 buah kentang ukuran agak besar
1 buah bawang bombay ukuran besar
4 butir telur ayam (large)
Olive oil extra virgin (Spanish tradition)
garam

Cara Membuat:

Kupas dan cuci bersih kentang dan bawang bombay. Siapkan wadah, pipil kentang, jangan terlalu tipis juga jangan tebal, lakukan hal yg sama dengan bawang bombay. Aduk rata kentang dan bawang bombay dengan sedikit garam (sesuai selera deh).

Siapkan wajan anti lengket, panaskan olive oil diatas api sedang (minyak jgn terlalu irit ya?) kemudian masukkan campuran kentang dan bawang tadi. Pastikan minyaknya cukup merendam kentang. Aduk sesekali untuk menghindari kentang mjd kering, sampai kentang dan bawang lumat (kira2 butuh waktu 20-25 menit). Sambil menuggu, kita kocok telur dan garam (gue cuma pake 1/2 sdt) diwadah yg cukup besar untuk mencampurnya dengan kentang nanti. Setelah kentang dan bawang matang dan lumat, angkat menggunakan serok (biar minyak gak banyak keangkat) campurkan ke dalam kocokan telur. Aduk rata.

Panaskan wajan anti lengket ukuran pizza untuk 2 org (diatas api sedang) ,tuang sedikit olive oil bekas menggoreng tadi (cuma untuk mengoles), kemudian masukkan adonan. Cara membalik Tortilla, gunakan piring ceper yang ukurannya cukup menutupi wajan anti lengket. Setelah kurleb 3 menit, siap2 membalik Tortilla dgn bantuan piring ceper. Tutup wajan dengan piring, angkat dan balikkan adonan keatas piring, kemudian masukkan kembali ke wajan sisi adonan yg masih mentah. Begitu terus dibulak balik dengan piring sampai Tortilla matang di kedua sisi.

Sajikan dengan irisan roti Baguete.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar